3 Cara Belajar Matematika Mudah tapi Hebat

Paman APIQ berbagi 3 tips belajar matematika yang dahsyat untuk Anda. Tips ini mudah Anda lakukan tetapi hasilnya luar biasa. Lagi pula tips ini bukan hanya teori melainkan sudah teruji ratusan kali di keluarga besar APIQ.

Anda juga dapat membahas langsung tiga tips ini bersama Paman APIQ lengkap dengan contoh-contohnya dalam forum training APIQ.

Hari/Tanggal: Minggu/13 April 2014
Waktu: 08.30 – 18.00 wib
Tempat: Rumah APIQ Cipete Villa Sawo Kav. 1

Tiga tips ini juga berdasarkan urutannya. Maksudnya, untuk belajar dengan baik kita perlu memperhatikan dari urutan pertama bergerak ke urutan kedua dan urutan ketiga. Bersiaplah!

Matematika Asyik
Matematika Asyik

1. Belajar untuk Membangkitkan Semangat

Inilah langkah terpenting dari belajar matematika. Apa pun yang akan Anda pelajari, langkah awal adalah membangkitkan semangat belajar. Umumnya Anda dapat membangkitkan semangat dengan sesuatu yang menakjubkan, surprise, atau memunculkan rasa penasaran. Tetapi sesekali Anda juga dapat memunculkan semangat dengan sesuatu yang menakutkan.

Untungnya, Paman APIQ telah menyiapkan beragam ratusan game matematika yang dapat memunculkan semangat anak untuk belajar matematika. Jadi dengan pendekatan APIQ, langkah pertama ini lebih mudah Anda raih.

2. Memahami dan Menyelesaikan Masalah dengan Akurat

Sepertinya sulit sekali untuk memahami apa maksud dari “akurat”. Sederhananya akurat bermakna memiliki ketepatan arah. Tidak harus tepat banget. Tetapi arahnya sudah cukup tepat, itulah akurat.

Misalnya, berapakah volume bola yang berjari-jari 2?

Tentu harusnya kita menghitung dengan rumus volume bola. Tetapi seperti kita tahu, anak-anak pasti tidak suka dengan rumus volume bola yang melibatkan pecahan 4/3, bilangan irasional pi, dan kubik.

Alternatifnya adalah bantu anak-anak menebak dengan akurat. Volume bola kira-kira berapa kali lipat dari volume kubus yang berjari-jari 2?

Barangkali anak-anak akan menebak 3 kali, 4 kali, 5 kali atau lainnya. Kita dapat membimbingnya bahwa volume bola sekitar 4 kali volume kubus.

Volume = 4 x 2^3 = 32.

Tebakan ini akurat, mudah, dan masuk akal. Bandingkan dengan hitungan pendekatan pi = 3,14 yang menghasilkan volume = 33,51.

3. Menyelesaikan Masalah dengan Presisi jika Diperlukan

Inilah kesalahan fatal yang sering terjadi: terlalu memuja presisi atau ketelitian di awal.

Sekali lagi Paman APIQ mengingatkan, dari tiga tips ini yang terpenting adalah urutan. Bangkitkan semangat, ajak berpikit tepat, baru lengkapi dengan solusi yang teliti.

Melompat langsung kepada langkah ketiga akan mengarahkan matematika menjadi pelajaran abstrak, hambar, dan kering. Langkah ketiga, menemukan solusi dengan presisi (teliti) baru kita butuhkan ketika anak-anak sudah semangat dan paham dengan tepat.

Misal, kembali ke volume bola di atas. Bila pi = 3,14 maka volume = 33,5103.Sedangkan bila pi = 22/7 maka volume = 33,5238. Mana yang lebih benar? Diskusi ini hanya berguna bila anak-anak sudah paham semua dasar yang diperlukan.

Manfaatkan 3 tips belajar matematika Paman APIQ di atas maka anak Anda akan menjadi Jago Matematika.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
angger | agus Nggermanto | Pendiri APIQ

Iklan

One thought on “3 Cara Belajar Matematika Mudah tapi Hebat”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s