Bocoran UN 2014: Anda Tinggal Pilih

Apakah UN 2014 ini akan bocor lagi?
Apakah akan tersedia bocoran UN 2014?
Apakah bocoran kunci UN 2014 tersedia?

Benar! UN 2014 pasti bocor lagi!
UN atau Ujian Nasional sudah terbiasa bocor.

Ada beberapa pilihan bocoran yang mungkin akan terjadi.

1. Bocoran soal UN 2014 soft copy.

Sekarang sudah jaman digital. Sedikit info tentang bocoran UN 2014 dapat dengan mudah segera menyebar. Pengamanan distribusi soal UN tidak banyak membantu mencegah ini. Bocoran soft copy dapat saja terjadi sebelum soal UN dicetak atau ketika dicetak atau setelah dicetak.

2. Bocoran soal UN 2014 hard copy berupa kertas.

Bocoran ini mungkin terjadi. Tetapi peluang penyebarannya cukup sulit. Karena Anda harus memfoto copy nya. Tetapi anak-anak jaman sekarang sudah lebih kreatif. Mereka dapat memfoto kertas itu dengan hp nya lalu berbagi melalui jaringan internet.

Lagi-lagi pengamanan fisik tidak banyak membantu dalam kasus ini. Karena bisa saja setelah lembar soal difoto maka dikembalikan utuh seperti sedia kala.

3. Bocoran hanya Kunci Jawaban UN 2014

Bocoran kunci jawaban ini paling efektif dan cepat menyebar melalui sms atau internet. Formatnya cuma huruf kunci jawaban semisal CDEAB atau 1A2C3B4E5A.

Namun bocoran ini paling bahaya. Karena penerima bocoran kunci tidak dapat menguji bocoran ini asli atau malah tipuan. Jadi harus hati-hati dan mengatur strategi.

Mengapa bocoran ujian nasionan (UN) pasti terjadi?
Karena berdasar teori konspirasi semua pihak akan diuntungkan dengan terjadinya bocoran. Maka bocoran dengan sendirinya akan terjadi.

Bila terjadi bocoran maka nilai siswa akan tinggi, siswa untung, guru untung, sekolah untung, orang tua untung, dikbud untung, mendikbud untung, presiden untung.

Barangkali hanya moral dan akhlak yang akan bertanya-tanya.

Sedangkan sebaliknya juga dapat terjadi. Bila tidak ada bocoran maka nilai siswa akan jatuh. Siswa rugi, guru rugi, sekolah rugi, dikbud rugi, mendikbud rugi, presiden rugi.

Nah…bocoran UN pasti terjadi. Tetapi Kemendikbud harus menegaskan bahwa bocoran itu tidak ada. Dan bagi pihak-pihak yang menerima bocoran, misalnya siswa, tidak perlu membuktikan bahwa dirinya menerima bocoran. Mengapa?

Karena seandainya siswa itu ngotot dia menerima bocoran maka dia akan dihukum. Jika dia tidak ngotot maka ia tidak dihukum dan nilainya dapat tinggi.

Bagaimana pun adalah tugas kita bersama untuk membangun pendidikan Indonesia yang lebih baik. Apakah bocoran UN itu baik? Itu akan menjadi topik diskusi yang seru.

Iklan

One thought on “Bocoran UN 2014: Anda Tinggal Pilih”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s