Beberapa anak tidak peduli dengan masalah itu. Tetapi anak yang peduli dengan akar 4 = 2 atau -2 menunjukkan bahwa ia memiliki pemahaman yang tinggi. Ketika guru memikirkan masalah akar di atas, ternyata tidak mudah juga ya…!
Yang jelas kita tahu bahwa akar 4 = 2 itu benar. Karena 2 x 2 = 4.
Bagaimana dengan akar 4 = -2? Harusnya benar juga karena -2 x -2 = 4.
Di sinilah Paman APIQ mencatat pentingnya pemahaman konsep-konsep matematika. Matematika saat ini menyetujui bahwa akar 4 = 2 bukan -2. Sedangkan -akar 4 = -2.
Hal ini masalah dala ranah definisi. Jadi kita memilih akar 4 = 2 karena pertimbangan manfaat dan kemudahan. Paman APIQ menyarankan agar anak-anak lebih paham maka sebaiknya kita membandingkan akar dengan kuadrat.
akar 4 = 2
-akar 4 = -2
x^2 = 4
maka x = 2 atau x = -2.
Contoh lagi,
akar 9 = 3
-akar 9 = -3
x^2 = 9
maka x = 3 atau x = -3.
Contoh berikut lebih menarik,
akar (-3)^2 = akar 9 = 3.
Meski -3 dikuadratkan bila diakarkan kembali memberi hasil 3 bukan -3. Akar dari bentuk kuadrat sama dengan bentuk nilai mutlak.
Bagaimana menurut Anda?
Salam hangat…
angger | agus Nggermanto | Pendiri APIQ
Reblogged this on Anak Lebih KREATIF & Berprestasi.
Sangat setuju dengan “anak yang peduli dengan akar 4 = 2 atau -2 menunjukkan bahwa ia memiliki pemahaman yang tinggi”
sukses untuk PAMAN APIQ
Betul…kita membutuhkan anak-anak yang peduli seperti itu.
Sukses selalu…!